Manfaat Bersepeda


Bersepeda atau yang sering kita sebut GOWES merupakan termasuk sebagai salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilaksanankan oleh segala usia. Mengenai manfaat bagi kesehatan, bersepeda juga tak kalah besar dari olahraga berjalan kaki, jogging, bahkan aerobik sekalipun. Berpergian dengan menggunakan sepeda membantu meningkatkan fitalitas, membakar kalori serta menghilangkan stres. Apalagi kalau bersepeda di pagi hari, selain manfaat diatas bersepeda di pagi hari juga akan membantu tubuh kita mendapatkan vitamin D dengan sinar matahari di pagi hari.

Cepat Membakar Kalori

Bersepeda bisa membakar sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam dengan kecepatan 10-11 mph, dan 700 kalori bersepeda gunung dimedan berat selama 1 jam. Bahkan 5kg lemak selama setahun, hanya dengan waktu setengah jam sehari bersepeda dengan kecepatan sedang. 

Membakar Lemak dan Mempertegas Otot

Setiap putaran pedal mencairkan lemak dan memperkuat ketegasan otot-otot pantat, paha, betis, telapak serta gelandangan kaki. Naik sepeda diatas tanah yang bergelombang atau menanjak akan melatih tubuh atas, karena lebih banyak berat tubuh didukung oleh lengan dan bahu.

Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Kecemasan, stres, dan depresi semua diatas dengan cara bersepeda, yang sebagian karena aktivitas bersepeda itu sendiri juga kesenangan serta kepuasan yang diperoleh dari naik sepeda. Bersepeda juga baik untuk kesehatan mental, sama hal nya dengan aktifitas latihan seperti aerobik. Karena pelepasan endofirin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang).

Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah studi yang dilakukan oleh British Medical Association menemukan bahwa bersepeda sejuah 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit jantung koroner sebesar 50%. Dan menurut penelitian lain menunjukan bahwa mengendarai sepeda secara umum dapat menyehatkan tubuh, bahkan seseorang akan kelihatan 10 tahun lebih muda.

Merawat Sendi 

Sendi-sendi pada lengan dan tungkai juga ikut aktif, Sikut, lutut, pergelangan kaki serta pergelangan tangan merupakan beberapa sendi yang akan otomatis bekerja saat bersepeda. Pergerakan yang baik pada persendian akan membuatnya makin fleksibel.

Mengurangi Resiko Kanker

Jika anda mempertahankan pola makan sehat serta bersepeda secara rutin dan teratur, maka hal tersebut akan membantu dalam mengurangi resiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam journal of American Medical Association menunjukan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukan bahwa bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

Nah itulah manfaat bersepedalah karena sehat itu gak harus mahal juga. Dengan bersepeda setiap hari anda telah melakukan hidup sehat. 

Komentar