Manfaa Tebu Hitam

Tebu hadir dalam beberapa jenis salah satunya adalah tebu hitam atau orang Jawa lebih mengenalnya sebagai tebu ireng. Tebu ini dapat dikenali dari batang, bunga, dan daunya yang berwarna ungu kehitaman atau biru dongker. Jika batangnya saja yang ungu tetapi daunnya hijau hijau maka tebu tersebut bukanlah jenis tebu hitam. 


Tebu hitam merupakan jenis yang langka dan cukup sulit ditemukan. Padahal selain rasanya yang manis tumbuhan ini kaya akan manfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bagian yang biasa digunakan sebagai obat adalah batang, akar, dan bungannya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi tebu hitam: 

Mengatasi berbagai penyakit pernapasan 

Radang paru-paru, TBC, kanker paru-paru, dan asma merupakan contoh-contoh penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini tergolong berbahaya dan baisanya meemerlukan pengobatan yang cukup lama sehingga penderita mesti menajalani prosedur pengobatan dan mengonsumsi obat-obatan kimia dalam waktu lama yang tentu saja memiliki efek samping bagi kesehatan seperti gangguan pada ginjal. Dengan menggunakan ramuan alami seperti tebu hitam dapat membantu mengatasi berbagai penyakit ini dengan cara yang lebih alami dan tentu saja bebas efek samping dengan catatan dikonsumsi secara benar dan sesuai takaran.

Menjaga Kesehatan Otak 

Air tebu banyak mengandung karbohidrat yang akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Kesehatan Jantung

Mengonsumsi gula tebu dalam kondisi segar memberikan banyak manfaat. Karbohidrat yang mengandung di dalam tebu juga cukup baik untuk kesehatan jantung.

Mencegah Kanker 

Tebu mengandung antioksidan kuat dan zat alkali yang mampu mencegah kanker payudara, kanker usus besar serta kanker paru-paru. Mengkonsumsi air tebu segar secara alami dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Memperkuat Gusi Dan Gigi

Gunakan air jeruk nipis, garam, dan air tebu murni membantu memperkuat gusi dan gigi. Tebu hitam akan kaya mineral sangat efektif untuk mencegah kerusakan gigi. Di samping itu mineral dalam tebu hitam juga bermanfaat untuk mengatasi bau mulut.

Mengatasi Infeksi 

Tingginya kandungan kalium dala air tebu sangat berguna bagi saraf kontrol dan otot. Adanya kalium, yang dikombinasikan dengan phelonic dan flavonoid dalam jus tebu dapat menjaga tubuh kti dari efek infeksi.

Meningkatkan Energi 

Glukosa almi dalam air tebu hitam dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh sehingga kita tidak akan mengalami lemas.

Dan masih banyak lagi khasiat yang terdapat pada tebu hitam 

Komentar