Manfaat Lari Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

lagi pagi merupakan kegiatan yang harus dijadikan salah satu rutinitas pagi hari. Karena manfaat lari pagi sangat banyak sekali, contohnya menghirup udara yang segar dan sejuk. Pada saat pagi hari, belum terlalu banyak kendaran yang mencemari udara. Selain itu, lari juga merupakan olahraga yang sangat mudah dilakukan dan tergolong olahraga murah dan sangat simple. Berikut manfaat lari pagi 

Berikut Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Jantung Sehat

Ketika kita berlari, tidak hanya otot-otot kaki yang bekerja dan meningkatkan fungsinya, akan tetapi jantung juga akan giat dalam memompa darah dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari. Jika lari pagi menjadi rutinitas, maka jantung akan terlaltih untuk terus bekerja dengan baik sehingga statusnya menjadi lebih sehat dibanding jantung yang tidak terlatih.

Hal ini ditunjang juga oleh penelitian yang menunjukan bahwa dengan berlari sejuah 16 Km dalam seminggu akan menekan resiko penyakit atau gangguan tekanan darah hingga 39%. Disamping itu, masalah endapan kolestrol pada pembuluh darah jantung (aterosklerosis) bisa kurang hinga 34%.

Mengatasi Hipertensi 

Diyakini bahwa olahraga kardio seperti lari pagi memiliki manfaat tak kalah hebatnya dalam melancarankan peredaran darah. Gerakan lari pagi yang santai, terbilang cukup profesional untuk menjaga pola detak jantung. 

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi memang tidak diperkenalkan untuk melakukan olahraga berat yang terlalu memacu kerja jantung kerja jantung, seperti lari cepat, sepak bola, dan sebagainya. Namun para pakar menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi dengan catatan lari tidak boleh cepat-cepat. Konsultasikan masalah ini dengan dokter anda.

Paru-paru Sehat

Udara terbesih dengan kandungan oksigen tertinggi merupakan di pagi hari, saat kita lari pagi otomatis kita akan mendapatkannya. Terlebih ketika kita berlari, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dengan cara meningkatkan frekuensi nafas dan terhiruplah lebih banyak udara kaya oksigen ke dalam paru-paru. Tentu hal ini akan membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

Pernafasan Sehat 

Atas dasar seperti di atas, saluran pernafasan lainnya juga menjadi lebih sehat, terutama bagi mereka yang memiliki masalah atau penyakit saluran nafas seperti asma, PPOK, bronkhitis DLL.

Hal ini juga di tunjang oleh sebuah penelitian yang melibatkan para penderita asma, mereka dianjurkan untuk berlari di pagi hari secara rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya serangan asma jarang kambuh setelah rutin lari pagi, bahkan mereka merasakan bernafas dengan lebih baik.

Otot Kuat Dan Sehat

Otot merupakan bagian tubuh kita yang apabila semakin dipacu dengan taraf tertentu, maka akan semakin meningkat kemampuannuya. Ketika otot-otot kaki digunakan untuk lari pagi, maka dia akan beradaptasi, membentuk massa yang lebih padat, lebih banyak cadangan energinya, dan tentu saja menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Namun ketika rutinitas lari pagi tidak dilanjutkan, maka otot akan kembali seperti semula.

Mencegah Kanker Usus

Ketika sisa-sisa makanan tertahan lebih lama di dalam usus, maka racun racun dan radikal bebas yang ada di dalamnya dapat melakukan kontak yang lama dengan usus, jika kondisi ini berlarut-larut maka bisa menyebabkan kanker usus. Studi terbaru yang dilakukan di British journal of cancer menemukan bahwa dengan aktif lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat resiko kanker usus berkurang hingga 24%, karena manfaat lari pagi dapat melancarkan buang air besar.

Membakar Kalori 

Tubuh kita memiliki cadangan energi berupa glikogen di otot, di hati, dan lemak. Semuanya di dapatkan melalui makanan, jika tidak digunakan energi berlebihan dari makanan akan menjadi jaringan lemak, itulah alasan mengapa seseorang menjadi gemuk.

Lari pagi adalah salah satu solusi, ketika tubuh belum mendapatkan asupan, namun telah melakukan aktifitas berupa lari pagi, maka tubuh akan menggunakan energi cadangan energi. Dengan demikian, lemaka akan pecah dan cara ini bisa di manfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Mencegah impotensi 

Tidak hanya menyehatkan tubuh, lari juga bermanfaat menyasar organ kebangga para pria, dengan berlari di pagi hari maka akan meningkatkan fungsi kebugaran organ reproduksinya. Hal ini terjadi karena aliran darah ke organ intim pria akan menjadi lebih lancar ketika rajin lari pagi sehingga dapat mencegah impotensi. Hal ini dikarenakan hasil penelitian yang menemukan bahwa 3000 kalori per minggu yang di bakar dari aktivitas lari pagi bisa membuat disfungsi ereksi bisa di atasi dengan efektifitas hingga 83%.

Komentar